Rabu, 23 Mei 2012

Jembatan Suramadu


Jembatan  Suramadu adalah jembatan yang melintasi  Selat Madura , menghubungkan Pulau Jawa  dan Pulau Madura . Dengan panjang 5.438 m, jembatan ini merupakan jembatan terpanjang di Indonesia saat ini. Jembatan Suramadu terdiri dari tiga bagian yaitu jalan layang  (causeway), jembatan penghubung (approach bridge), dan jembatan utama (main bridge).
Jembatan ini diresmikan awal pembangunannya oleh Presiden Mega Wati Soekarno Putri,  pada 20 Agustus 2003  dan diresmikan pembukaannya oleh Presiden Susili Bambang Yudhoyono  pada 10 Juni 2009. Pembangunan jembatan ini ditujukan untuk mempercepat pembangunan di Pulau Madura, meliputi bidang infrastruktur  dan perekonomian  di Madura, yang relatif tertinggal dibandingkan kawasan lain di Jawa Timur. Perkiraan biaya pembangunan jembatan ini adalah 4,5 triliun.
Pembuatan jembatan ini dilakukan dari tiga sisi, baik sisi Bangkalan maupun sisi Surabaya. Sementara itu, secara bersamaan juga dilakukan pembangunan bentang tengah yang terdiri dari main bridge dan approach bridge.  Jembatan Suramadu pada dasarnya merupakan gabungan dari tiga jenis jembatan dengan panjang keseluruhan sepanjang 5.438 meter dengan lebar kurang lebih 30 meter. Jembatan ini menyediakan empat lajur dua arah selebar 3,5 meter dengan dua lajur darurat selebar 2,75 meter. Jembatan ini juga menyediakan lajur khusus bagi pengendara sepeda motor disetiap sisi luar jembatan.

Jalan layang

Jalan layang atau Causeway dibangun untuk menghubungkan konstruksi jembatan dengan jalan darat melalui perairan dangkal di kedua sisi. Jalan layang ini terdiri dari 36 bentang sepanjang 1.458 meter pada sisi Surabaya dan 45 bentang sepanjang 1.818 meter pada sisi Madura.
Jalan layang ini menggunakan konstruksi penyangga PCI dengan panjang 40 meter tiap bentang yang disangga pondasi pipa baja berdiameter 60 cm.

Jembatan penghubung

Jembatan penghubung atau approach bridge menghubungkan jembatan utama dengan jalan layang. Jembatan terdiri dari dua bagian dengan panjang masing-masing 672 meter.
Jembatan ini menggunakan konstruksi penyangga beton kotak sepanjang 80 meter tiap bentang dengan 7 bentang tiap sisi yang ditopang pondasi penopang berdiameter 180 cm.

Jembatan utama

Jembatan utama atau main bridge terdiri dari tiga bagian yaitu dua bentang samping sepanjang 192 meter dan satu bentang utama sepanjang 434 meter.
Jembatan utama menggunakan konstruksi cable stayed yang ditopang oleh menara kembar setinggi 140 meter. Lantai jembatan menggunakan konstruksi komposit setebal 2,4 meter.
Untuk mengakomodasi pelayaran kapal laut yang melintasi Selat Madura, jembatan ini memberikan ruang bebas setinggi 35 meter dari permukaan laut. Pada bagian inilah yang menyebabkan pembangunannya menjadi sulit dan terhambat, dan juga menyebabkan biaya pembangunannya membengkak.


Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Jembatan_Nasional_Suramadu, 22 Mei 2012

3 komentar:

  1. walaupun aku bukan anak madura, aku merasa senang dan bangga karena adnya jembatan suramadu ini..
    memang madura dari segi ekonomi, masih kalah dengan wilayah jawa timur. dengan adnya jembtan ini diharapkan madura juga diberi hak yang sama dengan wilayah jawa yang sangat cepat pembangunannya dalam segala bidang. menurut anda, sebagai anak madura .. bagaiman pndpat anda dengan adnya jembtan ini.. meskipun masih ada dampak negatif yang ditimbulkan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sAYA sependapat dengan mas habib, bahwa sanyad engan adnya jembtan ini diharapkan madura juga diberi hak yang sama dengan wilayah jawa yang sangat cepat pembangunannya dalam segala bidang. menurut anda, sebagai anak madura .maka dari itu saya juga bangga dengan adanya jembatan suramadu. dan akhir-akhir ini sudah dirasakan perubahannya dari madura yang semula hanyalah tanah yang lapang tanpa dimanfaatkan, sekarang mulai dimanfaatkan dengan baik, dan perekonomian, serta pendidikan dimudura juga ikut maju dengan adanya jembatan suramadu........ apalagi saya bisa dengan cepat menempuh pulau jawa. saya benar-benar terbantu dengan adanya jembatan ini

      Hapus
  2. Amazing Bridge......indah sekali dimalam hari
    Namun sayangnya banyak sekali di beritakan ditelevisi bahwa sering terjadi tindak kriminal di daerah ini,,,hheemmmmmmmm sungguh sangat-sangat disayangkan sekali...

    BalasHapus